Jumat, 09 November 2012

Harapan Buat Dishubkominfo Kalimantan Selatan

Pameran ICT USO EXPO 2012 Banjarmasin

 
Suasana di dalam Gedung Sultan Suriansyah, tempat Pameran ICT USO EXPO 2012

Penyelenggaraan pameran ICT USO Expo 2012 di Banjarmasin bisa dibilang sukses. Antusiasme warga Banjarmasin untuk melihat, menikmati, ataupun mencari tahu perkembangan dunia informasi teknologi di wilayah Banjarmasin khususnya, dan Kalimantan Selatan secara umum cukup tinggi.

Kebanyakan yang datang ke pameran ini adalah siswa-siswi sekolah yang ada di kota Banjarmasin dan sekitarnya. Sebagian ada yang langsung dibimbing oleh gurunya untuk menambah pengetahuan para siswa itu sendiri.

Pameran ICT USO EXPO 2012 dilaksanakan dai tanggal 7 sampai 9 November 2012. Berbagai dinas pemerintahan dan komunitas ikut ambil bagian di pameran ini. Salah satunya komunitas blogger tempat saya bernaung, yaitu Blogger Banua.


Dan tentu saja tidak ketinggalan MPLIK (Mobil Pusat Layanan Inetrnet Kecamatan). Di sini MPLIK juga dibuatkan lomba. Mereka yang biasa mengendari MPLIK melayani warga, kali ini ditantang untuk adu ketangkasan.

Pemanfaatan Layanan MPLIK

Pemanfaatan MPLIK sendiri terasa masih sanga kurang, terutama dari segi tujuan utama, yaitu menyetarakan sambungan internet di seluruh wilayah Indonesia.

Dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infromasi Kalimantan Selatan (http://dishubkominfo.kalselprov.go.id) harus lebih sering memberikan penjelasan atau pemberitahuan (sosialisasi) kepada masyarakat tentang layanan yang bernama MPLIK ini. Karena hingga saat ini masih banyak yang tidak tahu dan tidak mengerti tentang fungsi sebenarnya dari keberadaan MPLIK.

Mungkin dengan adanya semacam pengenalan langsung atau tidak langsung, seperti pengumuman tertulis atau pengenalan lewat media. Masyarakat masih banyak yang tidak mengerti bagaimana caranya agar MPLIK ini bisa datang ke desa mereka.

Saran Dan Harapan Untuk MPLIK

Foto : http://dishubkominfo.banjarkab.go.id

Dishubkominfo bisa memberikan penerangan bagaiman proses permohonan untuk mendatangkan MPLIK ke desa atau ke sekolah. Ini agar tidak ada lagi kebingungan di masyarakat tentang layanan MPLIK ini.

Dan juga masih banyak yang mempertanyakan masalah biaya. Karena tidak ada penjelasan resmi tentang ada atau tidaknya biaya yang harus dikeluarkan warga utuk bisa menikmati internet melalui MPLIK.

Secara umum, seharusnya ini bisa dijadikan sebagai program nasional yang diutamakan. Karena denganMPLIK, masyarakat yang jauh di pelosok pun bisa memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya secara online berkat bantuan MPLIK.

Dan ini tentu memerlukan SDM yang memadai dan siap sedia. Dengan ditetapkan sebagai program resmi (karena saat ini MPLIK terkesan hanya tambahan), MPLIK diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM Indonesia dimanapun berada.

Program MPLIK juga bisa bekerjasama dengan dinas pemerintahan yang lain, seperti misalnya berkerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk membantu siswa, atau Dinas Pertanian untuk memberikan edukasi kepada para petani.

Perkembangan Dunia Teknologi Dan Infromasi Di Kalimantan Selatan

Perkembangan dunia informasi dan komunikasi di Kalimantan Selatan saat ini terus meningkat. Namun kebanyakan pengguna Internet masih menggunakan internet hanya untuk sosial media, seperti facebook dan twitter, masih sangat jarang yang memanfaatkan Internet untuk dunia pendidikan atau usaha.

Dengan adanya MPLIK, perkembangan internet yang begitu pesat tidak lagi menjadi milik orang yang berada di ramainya kota, tapi bisa dinikmati dan di rasakan manfaatnya oleh mereka yang berada di pelosok. MPLIK membuat orang tidak hanya mengetahui dunia internet dari facebook dan twitter saja, tapi melalui inernet kita juga bisa menimba ilmu dan penghasilan.


Description: Dunia informasi dan teknologi di Kalimantan Selatan Rating: 5

11 komentar:

  1. semoga harapannya bisa tersampaikan dan diberi tindakan langsung agar bisa meng-internet-kan masyarakat banua

    BalasHapus
  2. keren mang... http://www.gurugaptek.com/

    BalasHapus
  3. Umpat me Like,,

    smoga yang jadi juara member di Blogger Banua #eaaa

    BalasHapus
  4. @Terlambat Amin.. mudahan anggota BB nang menang itu ane :). Makasih lah yead

    BalasHapus
  5. umpat mendukung haja nah...

    jarang buka internet, kada tahu di habar, kada sempat datang.. hikz hikz.. :(

    BalasHapus
  6. @nahap.com Sip.. makasih dukungannya lah...

    BalasHapus
  7. karena kita orangnya praktis, kbanyakan bersosialisasi di Facebook rasanya sudah cukup ketimbang membuat blog sih

    BalasHapus
  8. Selamat atas kemenangannya mas...
    Tetap berkarya...

    BalasHapus
  9. @Account Manager Telkomsel Iya om, semoga saya bisa terus berkarya.. Terima Kasih om..

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"