Sabtu, 11 Agustus 2012

Cara Membuat Komentar Facebook Untuk Setiap Posting

Artikel Dusunblog kali ini membahas tentang cara membuat komentar facebook di blogger yang berbeda untuk setiap postingan.

Maksudnya adalah, formulir komentar facebook ini sedikit berbeda dengan widget yang kita ambil langsung dari facebook. Karena di widget tersebut komentar akan bercampur dari semua artikelyang ada di blog kita.
 
Sering juga pengunjung blog ingin berkomentar tapi merasa nggak punya alamat blog unuk isi URL langsung deh niatnya diurungkan.

Atau juga sudah nulis komentar panjang lebar pas mau di selesai malah nggak bisa ngisi fitur keamanan alias terkendala captcha yang memang agak ribet.

Mungkin isi artikel ini bisa menjadi solusi untuk kawan sedusun yang merasa blognya sepi komentar. Barangkali aja dengan adanya komentar lewat facebook ini bisa membuat pengunjung di blog kawan sedusun mudah memberikan masukan dan sarannya.

Nggak usah panjang lebar lagi basa-basinya, kebetulan ane juga ingin istirahat sebentar sebelum sahur.

Dan berikut cara membuat formulir komentar lewat facebook yang bisa menyesuaikan (berbeda) untuk posting yang dikomenari pengunjung, atau komenar yang tampil sesuai dengan artikel yang dikomentari :

  • Buka dashboard blog, kemudian pilih menu template dan edit HTML.
  • Ikuti langkah seperi yang ada digambar dibawah ini :
komentar facebook di blogspot



Keterangan gambar :

  1. Centang ekpand template widget
  2. Cari kode ini : <b:includable id='status-message'>
  3. Letakkan kode dibawah (kode komentar facebook untuk setiap postingan) ini diatas </b:includable>
  4. Kode untuk komentar facebook

<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"> <div id='fb-root'/>
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>
<fb:comments expr:href='data:post.url' num_posts='5' width='500'/>
</b:if>

Langkah terakhir klik simpan template.

#Catatan : idak ada salahnya untuk menyimpan (back up) template erlebih dahulu sebelum mengeditnya, untuk jaga-jaga kalau ada terjadi hal yang tidak diinginkan (gagal).

Contoh jadi cara membuat komentar facebook yang berbeda untuk setiap postingan bisa kawan sedusun lihat di bawah artikel ini, diatas formulir komentar blog.

Jawaban untuk @kemon baca dan @Jr's Wirogas :

Mohon ma'af baru bisa menjawab, dan maaf juga ternyata kode tidak tertampil di kolom komentar. Berikut triknya :

Perhatikan gambar dibawah ini :


Keterangan gambar :
1 - Kode pertama yang harus dicari.
2 - Kode yang  menentukan letak komentar facebook.
3 - Kode komentar facebook.

Jika ada kode </b:includable> yang lebih dari satu, letakkan kode komentar facebook di atas kode : </b:includable> yang paling dekat dengan kode-kode element posting.

#Update Senin, 26/11/2012 : Cara agar ada notifikasi/pemberitahuan saat pengunjung berkomentar di kolom komentar facebook bisa dilihat DISINI.

Semoga cukup jelas dan bisa dimengerti.

Informasi Artikel:
Description: Cara membuat komentar facebook berbeda di setiap posting blogspot Rating: 4.8

43 komentar:

  1. maaf mas bro..
    saya sudah coba langkah-langkah diatas dengan teliti.
    tapi tidak ada pengaruh APAPUN di blog saya.

    kenapa yah?

    BalasHapus
  2. @kemon bacaMungkin sama dengan blog saya yang satunya. Ada fitur yang serupa bawaan dari template. Solusinya : letakkan kode komentar facebook di atas fitur yang serupa tersebut. Lihat dulu kode di HTML nya. jika ada fitur lain diatas kode "" yang juga untuk komentar, letakkan kode komentar facebook di atas "" kode tadi.

    BalasHapus
  3. Begitu? juga dengan saya..!!
    Saya sudah mencoba tapi tidak bisa.
    Tolong!! di perjelaskan lagi :)

    BalasHapus
  4. Jawaban yg ditanyakan udah terjawab saya udah berhasil.Hebat!! Thanks berat gan!

    BalasHapus
  5. mantap gan, sudah bisa dipasang. coba liat di terwow.blogspot.com/2012/10/5-manfaat-apel-yang-jarang-diketahui.html

    BalasHapus
  6. bung, gimana caranya agar gak hanya muncul pada postingan terakhir bung????
    di blog ane cuma mncl pada postingan terakhir, tidak pada setiap postingan bung.. help me

    BalasHapus
  7. @Apri Aldi Nah, kalau yang seperti ini ane belum pernah temui. Mungkin ada kode yang hilang atau ketinggalan. Coba dicek sekali lagi semuanya. Atau juga log out dulu dari blognya tutup browsher baru login lagi. Siapa tahu chace kompi juga berpengaruh.

    BalasHapus
  8. terima kasih banyak brow, its help full

    BalasHapus
  9. Bagus nih bisa saya terapkan diblog saya :D
    Mohon kunjung balik yaa kaka
    Tubbymore
    Salam blogger

    BalasHapus
  10. susah jg ya ternyata. btw, maen2 donk ke blog kite http://vandebuy.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. susah Gan, udah sya coba saran"nya tapi tetp gak bisa...
    ada saran lagi gak ya??? :(

    BalasHapus
  12. notifikasi ketika ada komentar lihatnya dimana om, muncul apa kagak ya..?

    BalasHapus
  13. @jocker Ntu dia masalahnya masalahnya masbro. Tidak ada notifikasi komentar yang masuk, jadi sekalian juga saya mohon maaf buat kawan semua yang berkomentar lewat facebook yang merasa tidak mendapat tanggapan dari saya.

    Untuk komentar facebook yang ada notifikasinya, kita bisa menggunakan fitur apps dari facebook. Tapi sayangnya saya masih belum berhasil membuatnya

    BalasHapus
  14. @Abi Arkan sip sip, setidaknya udah bisa pasang fb commentnya,..tinggal nyari cara gimana biar dapat notifikasi...semangat terus om

    BalasHapus
  15. berhasil ga berhasil langsung di coba,

    BalasHapus
  16. sip mas, aku sudah ikuti pentunjuk di atas dan berhasil :)

    BalasHapus
  17. Pusing ttp ajah gk jd,,, mohon pencerahannya,,, :-(

    BalasHapus
  18. Bisa kerja... It works thanks a lot.. Tp kok nggak bs berdampingan dg comment blog spt punyamu?

    BalasHapus
  19. @kanggurukoe Trik diatas emang dibuat belum berdampingan seperti yang sekarang gan. Nanti ane buatkan artikel untuk yang berdampingan, sekalian juga nanti (mudahan bisa) ane tulis trick agar ada notif di fb kita pas orang komentar pake facebook

    BalasHapus
  20. gan kalu cara pasang iklan disamping related post kaya punya agan gmna??
    tx before.

    BalasHapus
  21. @Abi Arkan
    itu pake widget pa lewat edit html gan??
    klu lewat html naro skripnya dimana.
    maaf gan sya msih newbi. :)

    BalasHapus
  22. kalo pengen komentarnya seperti agan gmn?

    BalasHapus
  23. @yOu WahYou
    Nanti kalau ada kesempatan ane tulis cara membuatnya. Atau kalau ingin cepat bisa di lakukan pecarian di google dengan kata kunci "membuat komentar facebook dan blogger berdampingan"

    BalasHapus
  24. kalo bikin komentar fb di blog versi hp gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh.. kalau yang ini ane belum bisa sist.. semoga ada teman lain yang kebetulan berkunjung kesini yang mau berbagi ilmunya

      Hapus
  25. mantap gan,ane sudah coba diblog ane...tks ya keren jd nya.... by http://jasafinance.blogspot.com

    BalasHapus
  26. kepingin kotak komentar kaya gini ga bisa teruz
    http://www.pusatsuzuki.com/2012/12/new-facelift-swift-2013-semarang-review.html

    BalasHapus
  27. Ini yang ane cari gan, terima kasih tutornya, 100% ane berhasil.

    BalasHapus
  28. makasih brow ahirnya bisa juga...

    btw boleh ijin copas ga ini artikel... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan masbro.. tapi jangan lupa hadiahnya (Link sumber) :)

      Hapus
  29. Thx postingnya... :) It works (y)

    BalasHapus
  30. berhasil...
    makasih kaka....
    anw, kok di atas blog saya ada tulisan''supaya membuat komentar facebook...??''
    gimana hilanginya kak.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ente copy langsung dari artikel trus di paste ke template ya? sebaiknya paste ke catatan dulu baru di copas ke edit HTML nya

      Hapus
  31. pas bgt alhamdulillah bisa mas, makasih ya :)

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"