Senin, 26 November 2012

Supaya Membuat Komentar Facebook Di Blog Ada Pemberitahuan

Memasang kolom komentar facebook di setiap postingan artikel akan membantu pengunjung yang ingin memberikan komentar tapi tidak punya akun blog, atau juga tidak mengerti cara memberikan komentar di kolom komentar blogger.

Sebelumnya saya harus menulis "kata sambutan" lebih dulu bisar lebih bagus di mata om gugel. Bila kawan sedusun ingin cepat, langsung saja menuju ke bawah, dimana inti artikel ini berada *__*.

Pemilik akan langsung mengetahui jika ada yang mengomentari artikelnya melalui kolom komentar blogger. Tinggal set pemberitahuan melalui email yang paling sering dibuka oleh pemilik blog.

Lalu bagaimana jika ada pengunjung yang berkomentar di artikel melalui akun facebook, apakah ada pemberitahuan juga, atau apakah ada notofikasi langsung ke pemilik blog bahwa ada seseorang yang menulis komentar di artikelnya melalui kolom komentar facebook yang dia pasang?

Ini yang akan kita bahas di artikel kali ini, yaitu membuat kolom komentar facebook yang ada notifikasi/pemberitahuannya saat pengunjung blog menulis komentar di artikel kita.

Jujur saja, saya sendiri sedikit bingung saat ingin membuat judul dari artikel ini. Karena bingung kata kunci yang tepat, komentar facebook di blog yang ada pemberitahuan atau cara memasang komentar facebook yang ada notifikasi di setiap artikel.

Tapi daripada kelamaan mikir kata kunci yang tepat, saya rasa lebih baik ditulis dan di uraikan saja cara-caranya. Kalau memang bermanfaat pasti ada kawan sedusun yang akan mempromosikannya ke kawan blogger yang lain #Ngarep ^__^.

Sudah cukup basa-basinya, langsung saja kita mulai langkah-langkah membuat komentar facebook yang ada pemberitahuan/notifikasi nya saat pengunjung berkomentar :

Yang pertama kita buat dulu apps di facebook cara membuat app di fb langsung saja kawan sedusun menuju alamat yang ada DISINI.

Dan jang lupa, saat membuka alamat tadi kawan kamu sudah terlebih dahulu login di akun fb kamu. Setelah terbuka klik "create new app". Lalu akan muncul jendela pop up seperti gambar dibawah ini (Gambar 1) :

cara membuat apps facebook
 Yang disi cuma app name, isi sesuai keperluan. App Namespace bisa juga disi dengan judul blog kita (opsiaonal). Lalu klik "Lanjutkan".

Setelah itu biasanya akan muncul kode verifikasi, isikan saja sesuai dengan yang tertera. Dan jika kamu dihantarkan pada halaman seperti gambar dibawah ini, itu artinya kamu berhasil membuat app (Gambar 2).

komentar facebook di artikel blog ada notifikasinya

Yang dilingkari itu (App ID) yang kita perlukan agar ada notifikasi saat pengunjung berkomentar di artikel blog.

Isikan seperti gambar diatas. Untuk "App Domain" bisa diisi dengan www atau tanpa www. (contoh : www.dusunblog.com atau cukup dusunblog.com) Dan untuk kawan sedusun yang masih menggunakan blogspot, disitu masukkan "blogspot.com" (tanpa tanda petik).

Di Website with Facebook Login isikan alamat blog kawan sedusun lengkap mulai dari "http". Setelah selesai klik simpan.

Kemudian kembali ke blog kawan sedusun, pasang kode komentar facebook untuk setiap artikel seperti yang saya tulis disini : http://www.dusunblog.com/2012/08/cara-membuat-komentar-facebook-untuk.html

Setelah kode terpasang seperti yang saya jelaskan di artikel tersebut, dan masih dalam area kode HTML (Setting -> template -> Edit HTML) selanjutnya tambahkan meta berikut ini di bawah <head> dan sebelum </head>. Saya sendiri meletakkannya dibarisan paling bawah meta blog, seperti meta keyword, meta deskripsi, meta webmaster dan sebagainya. Berikut kodenya :
<meta property="fb:admins" content="ID Facebook"/>
<meta property="fb:app_id" content="App ID"/>
 Yang berwarna biru diganti dengan : ID Facebook ganti dengan ID Facebook kawan sedusun yang bisa ditemukan di alamat ini : https://developers.facebook.com/tools/explorer  Ambil nomor ID yang tertera disitu.

Dan untuk App ID ganti dengan nomor App ID yang diberikan facebook setelah kamu membuat app tadi. Selesai dan klik simpan template.

Dua meta diatas itulah yang membuat komentar pengunjung di artikel melalui kolom komentar facebook akan ada pemberitahuannya di akun facebook kita.

komentar facebook yang ada notifikasi/pemberaitahuannya
Agar pemberitahuan masuk ke akun facebook kita, jangan lupa memasukkan nama kamu sebagai moderator untuk app ini. Caranya masuk ke alamat ini : https://developers.facebook.com/tools/comments klik setting (pojok sebelah kanan). Lalu tuliskan nama facebook kawan sedusun, atau siapapun yang kamu inginkan menjadi moderator komentar facebook tersebut, pas muncul nama dibawahnya langsung saja klik (lihat gambar disamping).

Dialamat ini juga kita akan melihat kumpulan komentar pengunjung, sekaligus tempat moderasi komentar.

Sebagai tambahan, dengan app ini kita juga bisa mengontrol/memoderasi komentar yang masuk. Misalnya tidak boleh ada komentar yang mengandung kata-kata tertentu.

Lalu klik simpan. Dan komentar facebook di artikel blog kawan sedusun kini akan mengirim notifikasi/pemberitahuan bla ada pengunjung/pembaca yang berkomentar.

Semoga bisa di pahami dan bisa bermanfaat.

Description: Cara agar ada pemberitahuan/notifikasi ke akun facebook pemilik blog saat pengunjung berkomentar di kolom komentar facebook Rating: 5

17 komentar:

  1. Langsung deh di peraktekan gan :)

    BalasHapus
  2. Siap Gan,, Segera Praktek dah,, mksih infonya gan

    BalasHapus
  3. wah,mantap nih.thks infonya ya.

    BalasHapus
  4. Saya cape bikin komentar facebook. Awalnya memang ada pemberitahuan, setelah edit sedikit saja kode template atau bahkan hanaya masuk ke edit HTML, pemberitahuannya langsung hilang. Ada solusi ga' gan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih kalau pemberitahuan komentar tidak masuk lagi disebabkan hilangnya dua meta dari facebook itu : ID Facebook sama ID Apps. Cek lagi kodenya siapa tahu ada yang kehapus

      Hapus
  5. mantab sob...
    ane suka penjelasannya...

    BalasHapus
  6. klo ada gambarnya gitu saya lebih ngerti mas.

    BalasHapus
  7. terima kasih ya, ini salah satu artikel yg sangat membantu saya untuk menampilkan komentar FB pada blog saya. Salam.

    BalasHapus
  8. kok saya tes gag muncul di fb saya ya

    BalasHapus
  9. Ane mohon ma'af gan, pemberitahuannya sekarang emang jarang muncul. Sepertinya ada update dari facebook untuk (perubahan) setting apps nya

    BalasHapus
  10. sy pernah buat komentar fb, setelah sy ganti dg tutorial artikel http://www.dusunblog.com/2013/01/membuat-memasang-komentar-facebook-dan-blogger-berdampingan.html..jumlah like fb nya malah hilang...aneehh

    BalasHapus
  11. Sangat membantu gan infonya buat saya pribadi. terimakasih sebelumnya ya gan sudah share artikel ini.

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"