Kamis, 11 Oktober 2012

Penyakit Yang Membuat Blogger Gagal

Dusunblog - Kegagalan bisa dirasakan siapa saja, termasuk blogger. Dan untuk mengatasinya, kita harus pelajari apa yang membuat kita gagal tersebut.

Pelajari papa yang membuat anda gagalAda beberapa “penyakit” yang sering menghinggapi blogger. Baik itu pemula, atau yang sudah tahunan ngeblog pernah diserang penyakit yang satu ini. Dan kegagalan seorang blogger salah satunya bisa disebabkan oleh pemyakit yang satu ini.
Jenuh. Perasaan bosan, nggak tahu lagi topic apa yang ingin di posting, dan berujung dengan malas nulis atau juga meng update blognya. Perasaan bosan atau jenuh inilah yang paling sering menghinggapi para blogger (termasuk ane).

Apalagi bagi blogger yang biasa mengejar keyword. Jika tidak ada hot keyword, atau topic yang lagi seru di dunia offline. Atau bagi blogger umum lainnya. Bingung nyari topic yang akan di posting, karena sudah banyak posting dan capek optimasi namun  jumlah visitor tetap nggak naik-naik.

Gagalnya mendatangkan banyak visitor, dan gagalnya seorang blogger mengisi blognya dengan konsisten bisa berujung dengan gagalnya si blogger dalam bertarung di kerasnya persaingan dunia maya.

Semuanya itu berakhir dengan menurunnya semangat ngeblog. Dan jika dibiarkan, penyakit ini akan berkembang menjadi lupa buka blog, lupa password blog dan lupa kalau kawan sedusun itu punya blog.

Maka karena itulah, kita harus pelajari apa yang membuat kita gagal di dalam dunia blogging. Kegagalan bagi setiap orang bisa mempunyai definisi yang berbeda. Namun intinya, kegagalan akan menyebabkan mundurnya keinginan, pudarnya semangat yang terbangun sejak awal, dan berakhirnya kemauan yang ada dalam diri seseorang.

Sebenarnya tidak ada paksaan bagi seorang blogger kapan dia harus mengisi atau mengelola blognya. Sejam dalam sehari, sekali seminggu atau sebulan sekali menjenguk dashboard blognya. Ini tergantung niat si blogger dan kategori blog yang di miliki.

Jika blognya niche / kategori news atau berita, maka sejam satu hari, atau sekali sehari  ane rasa angka minimal yang harus dilakukannya untuk update blog.

Beda bagi yang mengisi blognya dengan tips dan trick blogging misalnya. Tentu saja ini tidak ada batasan waktu kapan dia harus meng update. Dia hanya perlu update artikel ketika menemukan sesuatu atau cara baru dalam dunia blogging.

Dan semuanya diatas ditujukan bagi yang merasa punya blog dengan artikel yang ditulis sendiri. Bukan copas apalagi AGC.

Jika ente belum bergabung dengan salah satu komunitas blogger, bergabunglah mulai sekarang. Dengan berkomunitas, berkumpul dengan mereka-mereka yang sudah lama pontang-panting dalam dunia blog, tentu akan menambah dan membuka wawasan kita di dunia blogging.

Jangan biarkan rasa bosan itu menggerogoti semangat ngeblog ente. Kalau memang ente ingin jadi seorang blogger, maka ente juga harus siap menghadapi segala permasalahannya, termasuk rasa bosan dan bingung ingin menulis apa tersebut tadi.

Bergabung dengan sebuah komunitas bisa mengobati rasa bosan ente. Karena di komunitas blogger, ente bisa mencari tahu kenapa blog ente begini misalnya, atau apalagi yang mesti ente lakukan agar blog ente lebih baik.

Apalagi kalau ente bergabung dengan komunitas blogger daerah asal ente. Berdiskusi menggunakan bahasa daerah tentu bisa lebih mudah di mengerti pertanyaan dan jawabannya.

Jadi mulai sekarang cari dan bergabunglah dengan komunitas blogger yang ada di daerah ente. Ikutlah belajar dan berdiskusi. Insya Allah banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk kemajuan kawan sedusun di dunia blogging.

Dan terus pelajari apa yang membuat gagalnya kita mengarungi kehidupan sebagai seorang blogger. Semoga kegagalan tidak mengendurkan semangat, tapi kegagalan menantang kita untuk bisa bangkit dan menjadi lebih baik lagi.


Description: Ketahui penyakit, dan pelajari apa yang membuat kita gagal dalam dunia blogging Rating: 4.8

9 komentar:

  1. Nah bujur banar Om Abi :)

    pelajari Apa Yang Membuat Kita Gagal, lalu perbaiki n Belajar dari kegagalan itu ^_^

    salam Blogger Banua

    BalasHapus
  2. @Terlambat Salam terlambat tapi kada kadudian hahahahaaa

    BalasHapus
  3. Bosan, bingung, dan akhirnya malas. itupang masalah ulun ni.

    tapi bujur jua artikel pian nih. bila belum begabung di komunitas Blogger, lakasi begabung. dimanakah asal positif. disana pang kita bisa dapat sedikit2 kumpulan penyemangat ngeblog.

    BalasHapus
  4. @arief SIp... mudahan semangat terus ngeblognya

    BalasHapus
  5. kalau bosan hidup biasanya orang bunuh diri. kalau bosan ngeblog bunuh apa ya?

    BalasHapus
  6. @genborneo.com Nyamuk aja gan, biar bisa begadang dengan nyaman ^__^

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"