Selasa, 20 November 2012

Google Mengancam Doogle

situs pencarian yang diancam google

Situs pencarian terbesar di dunia, Google mengancam akan menggugat sebuah website "kecil" di Afrika Selatan yang bernama Doogle.

Meski mengancam keberadaannya, namun masalah ini telah menjadi anugerah tersendiri untuk Doogle. Ancaman dari Google justru meningkatkan kunjungan ke Doogle sejak pekan lalu.

Andries Maree Van Der Merwe (23) mengatakan, dia meluncurkan situs pencarian pekerjaan dua tahun yang lalu untuk membantu orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan di negaranya.

Situs Doogle menggunakan logo "mata" dan tulisan "doogle it".

Seperti dilansir dari ABCnews, Van Der Merwe mengatakan kunjungan meningkat tajam sampai melebihi dari kunjungan satu tahun pertama. Dan dia merasa tidak percaya bahwa situsnya bisa go internasional. Dan Van Der Merwe akan berjuang untuk mempertahankan bisnis dan domain www.doogle.co.za miliknya.

Van Der Merwe mengatakan dia menerima surat dari pengacara Google bulan lalu yang isinya mengancam akan menuntutnya karena pelanggaran hak cipta dengan nama dan logo yang mempunyai kemiripan dengan situs pencarian paling populer.

Seorang kolumnis surat kabar di Afrika Selatan menyatakan Google telah melewati batas "menganiaya perusahaan kecil hanya karena nama mereka terdengar samar-samar mirip."
"Aku tidak akan menyerah. Doogle adalah siapa saya. Ini bisnis saya. Saya sudah mendaftarkan perusahaan dan diperoleh secara legal domain, "kata Van Der Merwe.
Van Der Merwe mengatakan dia akan pergi ke pengadilan jika memang Google menginginkannya. Namun tetap berharap ada penyelesaian yang lebih baik untuk masalah ini.

Dan pengacaranya sudah mengirim surat balasan kepada Google untuk menyangkal klaim mereka dan menawarkan untuk menempatkan pemberitahuan di situsnya bahwa ini dirinya, bukan Google.

Seorang jru bicara Google mengatakan kepada Guardian bahwa dia tidak bisa mengomentari kasus yang bersifat individu. Namun dia mengatakan perusahaannya akan berusaha keras melindungi reputasi merek mereka.


Description: Google mengancam Doogle karena nama dan logo yang mneyerupainya Rating: 5

2 komentar:

  1. kayaknya google udah bertindak menjadi polisi internet dah, persis sama Amerika. Cuma mw mengontrol semua di internet.

    BalasHapus
  2. namanya hampir sama kalau salah dikit pengetikan bisa dapet trafik lumayan tuh doogle.

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"