Kamis, 01 November 2012

AMBER Alerts, Informasi Anak Hilang Di Mesin Pencari Google

Hari ini, Kamis 01 November 2012 Google merilis layanan baru yang diberi nama "AMBER Alerts". Dikoordinasikan bersama Pusat Nasional Untuk Anak Hilang dan Terekploitasi (NCMEC) dengan Google Alerts umum.

Peringatan dini untuk umum yang akan membantu memberi informasi darurat kapan saja dan dimana saja bagi mereka yang berada di sekitar kejadian, sehingga bisa membantu mengantar kembali seorang anak ke rumahnya dengan selamat. Begitulah ditulis Google di blog resminya hari ini.

Cara kerja AMBER Alerts ini sederhana tapi terlihat sangat membantu. Jika kamu sedang menggunakan mesin pencarian atau peta Google, baik di dekstop ataupun mobile, kamu akan melihat "AMBER Alerts" atau peringatan dini tersebut disaat kamu sedang melakukan pencarian dilokasi tertentu dimana seorang anak baru-baru ini diculik, dan peringatan dikeluarkan.

Peringatan ini juga akan terlihat saat kamu melakukan pencarian bertarget pada satu situasi. Dengan demikian, akan banyak orang yang melihat peringatan dini disaat seorang anak hilang dan dilaporkan. Ini tenu saja akan sangat membantu untuk menemukan anak tersebut secepatnya. Karena dengan banyaknya orang yang bisa melihat peringatan ini secara dini dan tepat (berdasarkan lokasi), pencarian anak yang hilang tersebut diharap bisa lebih mudah.

Berikut screenshot saat layanan ini diuji coba oleh Google :

informasi anak hilang di google
Foto : Googleblog
Dan alarm di mesin pencari serta peta Google ini juga akan memberi informasi tentang kejadian anak hilang tersebut. Misalnya seperti mobil yang digunakan penculik, warna baju, ciri-ciri si anak dan sebagainya.

"The US Department of Justice’s AMBER Alert™" adalah sebuah kemitraan sukarela antara lembaga penegak hukum, lembaga penyiaran, lembaga transportasi dan lain-lain. Melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam kasus penculikan anak yang paling serius.

Google bekerjasama dengan NCEMEC yang akan memberikan rincian informasi kepada Google, selanjutnya akan menampilkannnya menjadi sebuah peringatan (AMBER Alerts) di mesin pencari dan pea Google.

Layanan AMBER Alerts baru dirilis dan baru bekerjasama di Eropa dan Kanada.Namun Phil Coakley (software engineer and Google public alert team) menuliskan di blog Google, layanan ini akan dicoba dengan skala lebih luas di banyak negara.

Dengan adanya peringatan dini anak hilang, diharapkan bisa mengurangi eksploitasi dan lebih banyak yang melapor kepada NCEMEC disaat ada anak yang hilang.

Sumber : Googleblog


Description: Layanan baru dari Google berupa informasi dini tentang anak hilang di mesin pencari dan peta Google Rating: 4.7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"