Sabtu, 07 Juli 2012

Pengunjung Blog Membuat Artikel Lebih Berkualitas

Seberapa sering kawan sedusun menmeriksa komentar yang masuk di blog? Atau seberapa sering kawan sedusun membaca dengan seksama apa yang di tuliskan pengunjung di kolom komentar?

pengaruh komentar untuk penulis blog

Sering ada yang bertanya sama ane, bagaimana caranya membuat artikel yang bekualitas. Padahal ane sendiri tidak begitu faham dengan suatu artikel yang dianggap berkualitas atau tidak.

Namun jika diminta tips dan trick untuk menulis sebuah posting yang bermanfaat juga berkualitas, ane paling akan menjawab "tulis saja apa yang mau ente tulis, selanjutnya biarkan pengunjung yang menilai, apakah artikel ente sudah bisa dibilang bermanfaat dan berkualitas atau tidak". Itu jawaban yang sering ane katakan.

Semuanya berdasarkan pengalaman ane sendiri. Dulu, diblog ane yang lain (chordering.blogdetik.com) ane pernah di kritik tentang tanda baca. "Setelah titik kok nggak ada spasi, dan ini terus berulang di sepanjang artikel...." kurang lebih seperti itu tulis seorang pengunjung.

Nah.. ane yang tidak begitu mengerti masalah tanda baca tentu saja bingung dengan maksud dia yang tidak nyambung sama artikel. Setelah ane pelajari dan akhirnya ane sadari, bahwa kesalahan memang ada pada diri ane, bukan si komentator. Dan ane pun merasa senang karena sudah mendapat ilmu baru.

Lalu pernah juga ada yang berkomentar kurang lebih : "Artikel tidak berkualitas, menjebak dan tidak meberi informasi sama sekali.." Jujur.. ane merasa sakit hati sama itu komentar, tapi ane tetap berusaha menyambutnya dengan kepala dingin. Dia bisa memberi komentar seperti itu menunjukkan dia sudah membaca seluruh isi postingan. Dan ane malah bersyukur, dengan kritik pedasnya tersebut, kini setiap ingin menulis sebuah artikel, ane usahakan untuk mencari minimal 2 sumber referensi. Untuk jaga-jaga ada kesalahan dalam mengambil sumber informasi.

Dari semua pelajaran yang diberi pengunjung itulah, alhamdulillah sekarang artikel yang ane tulis bisa di bilang lebih mendingan.

Tidak perlu semua atikel kita bagus, cukup satu yang menurut pengunjung bermanfaat, ane yakin si pengunjung ini punya gambaran bagus tentang blog kita, dan tidak lagi terlalu memperdulikan artikel kita lainnya yang kurang menarik.

Jadi intinya, untuk membuat sebuah artikel bermanfaat dan berkualitas di mata pengunjung, kita hanya perlu terus menulis dan menulis. Dan dengan banyaknya artikel di blog, kita bisa berharap, salah satu atau sebagian besar menjadi favorit pengunjung.

Sebagai acuan saja. Kita punya sedikit artikel, pengunjung melihat list judul postingan kita, dan dia bisa saja mengambil kesimpulan dari situ. Nah bandingkan kalau kita punya banyak artikel, pengunjung akan membuka judul yang dianggapnya menarik, kemudian berpindah ke judul lainnya.

So.. jangan terlalu mikir untuk mendapat pujian dari pengunjung untuk artikel kita yang jumlahnya masih sedikit, lebih baik berharap pengunjung senang bolak-balik ke blog karena banyaknya pilihan artikel yang bisa dibaca.

Sebagai tambahan. Membaca artikel di blog lain dan portal berita juga sangat bermanfaat, selain menambah wawasan, kebiasaan yang disebut dengan blogwalking tersebut juga bisa menambah referensi bahasa tulisan di blog kita nantinya.

Informasi Artikel :
 Description: Menambah kualitas tulisan / artikel di blog dari komentar pengunjung. Manfa'at komentar untuk si penulis blog
  Rating: 4.5

1 komentar:

  1. Termia kasih informasinya gan, sangat memberi waawnsan yang menarik...

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"