Kamis, 25 Oktober 2012

Cara Setting DNS Untuk Domain Gratis

Promo gratis domain dot asia dari Crazydomain dimanfaatkan oleh kawan blogger untuk menambah koleksi blognya. Namun ada sedikit kendala bagi mereka yang menggunakan hosting blogger atau blogspot. Karena di Crazydomain untuk setting DNS kita diminta biaya tambahan.

Kebetulan ane juga mengambil satu domain gratis dot asia dari Crazydomain tersebut. Dan memang sedikit terkendala karena tidak bisa setting DNS disitu. Karena ane memang tidak biasa menggunakan WP, maka ane pun harus berpikir keras bagaimana caranya domain dot asia gratis dari Crazydomain yang sudah ane dapatkan agar bisa digunakan.

Akhirnya ane ketemu DNSEver. Kalau ane menyebutnya dengan tempat menitip pengaturan DNS, CName dan sebagainya untuk kelengkapan pengaturan agar domain gratis tadi bisa berfungsi.

Untuk kawan sedusun yang kebetulan menemui kendala seperti ane, mungkin cara yang ane pakai kemarin bisa diterapkan pada domain dot asia gratis milik kawan sedusun.

Sebenarnya ane masih menunggu domain dot asia gratis ane berfungsi sepenuhnya. Karena sampai saat ini (kurang lebih sudah dua malam satu hari) domain ane masih dalam proses jika dibuka dengan tidak menggunakan www. Tapi jika dengan www, domain ane dot asia gratis ane sudah bisa dibuka.

Langkah pertama langsung saja masuk ke dnsever.com. Login disitu lalu dan komfirmasi email.

Setelah di komfirmasi, klik "add new domain" di sebelah kiri layar. Lau masukan domain dot asia ente, memo isi dengan judul blog atau apa saja, lau masukkan kode captcha, terakhir klik "add". Muncul jendela pop up, klik "ok".

Lalu kita akan diberi 3 name server untuk diisi di pengaturan (manage domain) Crazydomain. Setelah kawan seudusun memasukkan 3 name server tadi di Crazydomain, selanjutnya (di DNSEver) klik "Start management DNS for ...asia" (tulisan di titik-titik berbeda-beda, tergantung nama domain milik kawan sedusun).

Disitu akan tampil beberapa pilihan setting yang bisa diisi. Klik "Host A (record)". Host name di kosongkan saja. IP isi dengan :
  1. 216.239.32.21
  2. 216.239.34.21
  3. 216.239.36.21
  4. 216.239.38.21
Untuk memo ane isi seperti TTL di rumahweb.

Selanjutnya CName, karena kita numpang di blogspot, maka  isi dengan apa yang diberi oleh Google.Caranya :
  • Buka dashboard blogger kawan sedusun.
  • Buka setelan, penerbitan.
  • Masukkan nama domain yang akan digunakan kawan sedusun (contoh: www.dusunblog.com)
  • Lalu klik petunjuk setelan (contoh gambar dibawah)
mengalihkan domain asia ke blogspot
cara mengatur domain dot asia di blogger

 Kembali ke DNSEver (CName Record). Kolom pertama, Domain alias isi dengan kode yang diberi blogger di no 1 (gambar), Destination Domain isi dengan kode no 2 (gambar).

Selanjutnya tambah lagi CNmae Record. Kolom pertama isi dengan "www" (tanpa tanda petik). Dan kolom kedua isi dengan "ghs.google.com" (tanpa tanda petik). Tinggal klik simpan. Berikut SS dari setting domain g-lau.asia milik ane.

cara mengatur pengalihan domain dot asia ke blogger


Dan tentunya jangan lupa untuk mengalihkan domain blogspot kawan sedusun ke domain dot asia gratis yang baru tersebut.

Semoga bermanfaat. Dan karena ane bukan ahli, buktinya domain ane belum selesai sempurna (masih belum bisa kalau di buka di browser tanpa www), maka tambahan dari kawan sedusun yang lebih tahu dan berpengalaman tentu akan sangat berguna. Silahkan masukkan tambahan, saran atau masukan untuk ane atau semua kawan sedusun yang ingin mengalihkan domain dot asia gratisnya ke blogger.

#UPDATE : Alhamdulillah setelah nunggu 2 hari domain dot asia ane sudah bisa dibuka dengan tanpa www. Dan itu bisa ane artikan "setting costum domain blogger" dot asia ane dengan cara diatas berhasil :) .

Description: Cara mengalihkan domain dot asia gratis dari Crazydomain ke blogspot Rating: 4.9

18 komentar:

  1. udah pernah daftar tapi gagal :(

    BalasHapus
  2. Oo... Trnyata prlu beberapa hri ya agar dns server bnr2 trarah ke host, Thx infonya.

    BalasHapus
  3. Walaupun Pernah gagal berulang kali, tapi ulun handak mencoba pulang nah.... Sundul-sundul

    Bejalanan ke Blog ulun mang lah : http://sapivspanda.blogspot.com/.

    BalasHapus
  4. @Ary Wardhana Yusuf Sip, mudahan berhasil custom domainnya ke blogger

    BalasHapus
  5. alhamdulillah, sudah mau....dan tertulis sedang dalam pengalihan, butuh berapa hari untuk menunggu mas?

    BalasHapus
  6. @Ary Wardhana Yusuf Mun pakai www biasanya cuma nunggu hitungan menit, kalau tanpa www kemarin nunggu 2 hari baru bisa di akses

    BalasHapus
  7. mantap infonya mas bro..tpi SS kurang lengkap, next time mohon di lengkapi supaya temen2 yg bisa lbh detail mengikuti langkah2'nya, ane dah cb sndiri trnyata bnyk sekali yg hrs di SS..keep on blogging bro..:)

    BalasHapus
  8. @Agung West Iya masbro, kemarin sebenarnya juga merasa banyak kekurangan. Makasih sarannya masbro. muungkin nanti kalo sempat di edit dulu yang ini biar nggak pada bingung

    BalasHapus
  9. Makasih mas tips ini yg saya cari udah 2 hr ini, mau nanya kalo untuk settingan nameserver di crazydomain nya gmn mas, apa kembalikan default atau diisi nameserver yg dari DNSEver.com

    BalasHapus
  10. @ot0 Untuk nameserver di crazy domain hapus aja semuanya dulu, kemudian ganti dengan yang di berikan DNServer

    BalasHapus
  11. Gan DNServer kok mengarah ke hostgator ya ? itu free atau berbayar ?
    Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gratis gan... ane nggak pernah bayar n domain masih aktif sampe sekarang

      Hapus
    2. Kok mengarah ke Hostgator ya gan ? URL nya bener di DNSERVER.COM kan ?

      Hapus
    3. Dari mana tahu kalau mengarah ke hostgator? ane malah ngga' ngerasa dari kemarin-kemarin.. coba aja dulu.

      Hapus
  12. Saya mencoba mengunjungi URL dnserver.com atau www.dnserver.com tetapi diarahkan ke www.hostgator.com gan.
    Sudah saya coba di Chrome atau Firefox tetapi tetap diarahkan kesana. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane minta maaf, barusan ane cek DNServer ternyata emang tidak bisa di buka (mungkin perbaikan). bisanya cuma alamat yang pake bahasa Korea hXXps://kr.dnsever.com/

      Hapus
    2. Haduh ada cara alternative yg lain gak mas?
      aku punya domain 4 belum bisa aku pake semua nih,he2
      domainnya mas Abi yg .asia masih bisa dibuka gak?

      Hapus
    3. Ane lupa apa alamat satunya. coba cari di ads.id, kbetulan ane kemarin ada baca disitu.

      kalau yang tercantum di artikel (g-lau.asia) sudah nggak ane pakai lagi, karena di suspend crazy domain. Tapi yang satu lagi masih bisa dibuka (http://www.bolaliga.asia), ini blognya nggak kepake :D

      Hapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"