Sabtu, 18 Mei 2013

Cerita Rakyat Membuat Anak Lebih Mengenal Tanah Air

cerita untuk anak
Foto: blogceritaanak
Dusunblog – Banyak cara untuk membantu anak agar lebih mengenal dan mencintai negeri sendiri. Salah satunya dengan memperkenalkan / membacakan cerita rakyat. Kisah-kisah zaman dulu yang menceritakan perjuangan, tentang kehidupan dan lainnya akan membuat anak lebih mengetahui tentang sejarah Indonesia.

Kecenderungan anak untuk meniru apa yang didengar dan dilihat membuat peluang bagi orang tuanya untuk menciptakan karakter tertentu. Selain pengaruh lingkungan sekitar, perilaku orang didekatnya tentu akan lebih berperan dalam membangun karakter si anak. Dari sinilah orang tua bisa memberikan masukan ilmu dan pengetahuan untuk bekal jati diri anaknya.

Menunjukkan contoh perilaku sopan santun sehari-hari, memberikan tontonan yang patut ditiru, dan menyediakan bacaan yang mendidik merupakan tugas orang tua. Biasanya anak-anak lebih suka buku yang ada gambarnya. Namun tidak serta merta buku yang tidak bergambar bisa diartikan tidak akan digemari oleh anak. Dengan membacakannya, meskipun buku tersebut tidak bergambar dan terlihat tidak menarik, akan timbul ketertarikan si anak saat cerita dibacakan. Agar lebih bermanfaat, bacakan buku yang mengandung hikmah di akhir cerita seperti cerita rakyat. Dan jelaskan makna apa yang terkandung dalam cerita.

Agar si anak lebih mengetahui dan mengenal sejarah Indonesia, berikan anak bacaan buku cerita rakyat. Seperti cerita malin kundang, timun emas, bawang merah bawang putih dan lain sebagainya. Tidak punya bukunya? Gunakan teknologi, cari di internet kumpulan cerita rakyat Indonesia. Akan lebih baik jika kita menemukan situs yang khusus memuat cerita rakyat, cerita anak ataupun dongeng. Karena jika situs tersebut menyediakan bacaan campuran dengan cerita remaja apalagi dewasa, orang tua “terpaksa” harus lebih aktif mendampinginya saat ingin membaca cerita rakyat tersebut di internet. Sebaliknya, jika cerita rakyat yang dibacanya berada di situs yang mengkhususkan dirinya pada cerita untuk anak, itu artinya si anak sendiri pun bisa mengaksesnya tanpa harus didampingi dan tidak menimbulkan kekhawatiran orang tua. 

Description: Cerita rakyat untuk bacaan anak Rating: 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"