Minggu, 13 Januari 2013

Cara Transfer Domain Dari Intuit Ke Godaddy

Transfer Domain Dari Intuit - Kebetulan saya memiliki satu blog dengan domain gratis dari Intuit. Dan tidak terasa ternyata domain gratis dari intuit tersebut sudah hampir satu tahu. Takut tidak bisa membayar perpanjangan (karena katanya harganya lebih mahal dari yang lain) saya pun berinisiatif untuk mentransfer domain dari intuit tersebut ke godaddy.

Domain yang saya maksud adalah zonaterbaik..com. Dan kenapa harus ditransfer ke godaddy, karena di situ sudah ada dua domain yang saya miliki.

Barangkali saja ada kawan sedusun ang ingin mentransfer domain dari intuit ke godaddy juga, jadi saya rasa tidak ada salahnya kalau saya dokumentasikan proses transfer domain zonaterbaik.com milik saya ke godaddy.

Berikut langkah yang saya lakukan saat mentransfer domain dari intui ke godaddy :

1-Login ke akun intuit.
2-Klik "Domains"
3-Klik "Edit domain locking" dan lanjutkan dengan klik "Unlock". (contoh ada digambar).

Transfer domain gratis dari intuit
cara transfer domain intuit

4-Klik kembali "Domains"
5-Klik “Email your authorization code”
6-Tampil komfirmasi pengiriman authorization code, langsung saja klik "send" dan "done" (contoh di gambar)

mendapatkan Kode transfer domain
email kode transfer domain

7-Login di akun godaddy, masuk ke alamat ini untuk mentransfer domain : http://www.godaddy.com/domains/domain-transfer.aspx?ci=2630
8-Ketik domain yang mau di transfer (ex: zonaterbaik.com) dan klik "proceed to chekout"

transfer domain ke godaddy

Selanjutnya tinggal proses pembayaran biaya transfer. Lewat CC ataupun PayPal, tergantung apa yang biasa kawan sedusun gunakan.

Setelah selesai proses pembayaran, godaddy akan mengirim pemberitahuan ke email yang kita guakan di godaddy yang isinya kurang lebih memberitahu bahwa mereka mengirim komfirmasi ke alamat email yang digunakan pada domain yang ditransfer.

Buka email blog yang ditransfer (email akun di intuit). Buka email dari godaddy, disitu ada kode yang akan digunakan untuk komfirmasi transfer domain. Masuk ke menu "My Account" godaddy dan klik "DOMAINS" -> "Transfer" dan terakhir klik "launch" disamping (ujung) nama domain yang akan ditransfer.

Masuk ke domain manajer di : https://dcc.godaddy.com/default.aspx? sorot tulisan "Domains" di sudut kiri atas, dan klik "Pending Transfers" lanjutkan dengan mengkilk "Authorize Transfer". (contoh lihat gambar)

proses transfer domain di godaddy
Klarifikasi transfer domain

 Akan muncul pop up untuk mengisi kode. Masukkan ID transfer dan kode security yang dikirim godaddy ke alamat email domain sebelumnya. Lalu lanjutkan dengan mengisi "authorization code" dari intuit dan selesai. Yang saya alami godady menyuruh tunggu sekitar 5 menit penyelesaian proses transfer. Daripada bengong nunggu mending saya makan siang dulu ^_^

Setelah lebih dari menit (selesai makan siang), cek status transfer dan ternyata saya disuruh godaddy menunggu proses aproval selama 5-7 hari.

Lalu bagaimana nasib domain yang ditransfer, apa masih bisa dibuka atau bagaimana? Yang saya temui setelah satu jam proses transfer, zonaterbaik.com masih bisa dibuka seperti biasa. Nggak tahu besok atau lusa :(

Selamat menunggu proses transfer buat saya. Dan buat kawan sedusun yang juga ingin transfer domain dari intuit ke godaddy, selamat mencoba cara yang saya tulis diatas.

#Update Senin, 14/01/2013 :

Ternyata tidak perlu menungu lama proses transfer domain dari intuit ke godaddy. Setelah semua langkah diatas selesai, di kotak email yang dipakai untuk akun intuit ada komfirmasi lagi. Sebuah surat yang isinya memastikan kalau memang kita ingin mentransfer domain dari intuit ke godaddy. Klik link yang ada di email tersebut. Di halaman yang tampil, beri tanda bahwa kita memang akan mentransfer domain ke godaddy dan submit.

Hasilnya selang beberapa saat,di email yang saya gunakan untuk akun godaddy sudah ada pemberitahuan bahwa proses transfer sudah selesai dan tinggal setting DNS/CName dan lainnya untuk keperluan pengalihan domain ke blogger. Untuk cara setting pengalihan domain ke blogger bisa dibaca DISINI.

Saya juga mau setting domain yang baru ditansfer dulu. Semoga bermanfaat.


Description: Pindah register domain dari intuit ke godaddy Rating: 5

2 komentar:

  1. mantapp....makasih atas infonya,kbtlan sya juga pake intuit...tips ini sngt brmnfaat buat jga2 klau msa prpnjangan udh dekat hehe

    BalasHapus
  2. saya juga punya domain di intuit, ane bookmark dulu ya gan, siap tahu ntar ane transfer tu domain

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"