Senin, 05 November 2012

Layanan Internet Gratis Untuk Desa Terpencil

layanan internet di desa
Foto (Ilustrasi) : wartakebumen.com
 Bertujuan untuk mempercepat pemerataan akses telekomunikasi dan informasi  di daerah tertingal, pedalaman (terpencil), perbatasan dan daerah bertaraf ekonomi dibawah, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mengadakan program : Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan atau disingkat dengan MPLIK.

Perkembangan Teknologi Dan Informasi (TIK)

Di Indonesia secara keseluruhan, perkembangan TIK terasa begitu cepat.Peningkatan jumlah pengguna internet cukup signifikan. Seperti dilansir dari Antaranews, data dari bulan Desember 2011 saja, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta dari 245 juta jiwa penduduk Indonesia, atau menguasai Asia sebesar 22,4% dibelakang Jepang.

Sedangkan untuk pengguna di Daerah Kalimantan Selatan, meskipun tidak diketahui persis berapa jumlahnya, dengan hanya melihat aktifitas sehari-hari di sekitar, kita bisa melihat betapa teknologi informasi dan komunikasi dunia digital sudah banyak berkembang.

Di kota besar seperti Banjarmasin dan Banjarbaru, kita bisa dengan mudah menemui anak kecil yang memegang smart phone. Dan bukan cuma itu, tukang becak pun sering kita dapati santai di becaknya menunggu pelanggan sambil browsing melalui hp pribadinya.

Itu di kota besar, bagaimana dengan desa yang ada di pinggiran kota dan desa yang terpencil. Apa situasinya juga sama, apa mereka juga bisa memanfaatkan kemajuan teknologi.

Untuk inilah program MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan)  diluncurkan oleh Dishubkominfo. Berusaha secepatnya menyamaratakan akses informasi dan telekomunikasi di daerah tertentu.

Internet gratis untuk warga desa terpencil
Foto : http://dishubkominfo.banjarkab.go.id
 Pemanfaatan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)

Dan ketika program ini sudah berjalan, muncul sedikit pertanyaan. Sudah tepat sasarankah program MPLIK selama ini.

Seperti yang dikutip dari sebuah artikel di dishubkominfo.kalselprov.go.id, MPLIK diharapkan berguna untuk mengatasi kesenjangan informasi di wilayah Indonesia yang tidak terjangkau akses informasi. Dan itu artinya MPLIK diutamakan memberikan layanan kepada daerah tertingal dan terpencil. Apa ini sudah terwujud

Jadi bukan cuma sekolah-sekolah "di tengah kota" yang seharusnya bisa menikmati layanan internet gratis dari Dsihubkominfo ini. Karena selama ini, entah kurangnya informasi atau jarangnya terekspos. Atau juga kurangnya dokumentasi kegiatan MPLIK yang menunjukkan mereka sedang di desa terpencil dan pedalaman, kegiatan layanan MPLIK yang sering terdengar justru ada di sekolahan (kota dan pinggiran kota) dan kegiatan seperti pameran. Memang ada sedikit berita yang mengabarkan MPLIK sedang berada di kaki gunung meratus misalnya. Tapi rasanya itu belum cukup mewakili banyaknya wilayah di Kalimantan Selatan yang tertinggal dari segi teknologi informasi dan komunikasi.

Tentu saja banyak kendala untuk bisa mewujudkan cita-cita, tapi ini adalah tantangan (jika tidak ingin disebut kewajiban), layanan MPLIK seharusnya bisa membimbing masyarakat kecil di desa tertingga dan terpencil untuk paling tidak bisa mengetahui yang namanya internet.

Tapi sebenarnya tidak sampai disitu, kami pengguna internet di desa punya harpan untuk MPLIK. Kami berharap MPLIK bisa berperan untuk memperkenalkan internet dan meluruskan sudut pandang masyarakat pedesaan tentang yang namanya komputer dan hand phone yang mempunyai jaringan internet. Karena selama ini, kebanyakan dari masyarakat pedeseaan beranggapan, komputer dan hp yang ada internetnya itu digunakan untuk mencari video (maaf) p***o dan gambar-gambar yang... ya seperti itu lah.

Lebih jauh lagi kami juga berharap, layanan MPLIK ini bisa berguna untuk meingkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti misalnya memberikan eduksi penggunaan internet untuk meningkatkan usaha kecil dan menengah.

Bahwa internet bisa diakses tanpa batas oleh siapa saja, bahwa di internet kita bisa berpromosi atau memperkenalkan produk milik sendiri dengan biaya lebih rendah, dan bahwa internet juga bisa digunakan untuk memasarkan produk miliki mereka.

Pameran ICT USO EXPO 2012 Propinsi Kalimantan Selatan

Sehubungan dengan yang tertulis diatas, Dishubkominfo menyelenggarakan pameran ICT USO Expo 2012 di Kalimantan Selatan. Dan menurut rencana, acara pameran ini akan di selenggarakan pada tanggal 7-9 November 2012 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.


Description: Program pemerintah untuk percepatan pemerataan akses informasi dan komunikasi Rating: 4.8

5 komentar:

  1. kada pernah teliat di kota mobilnya nah heee

    BalasHapus
  2. @Ebo Ndut Sama om.. di kampung ulun kada suah taliat jua heheheee

    BalasHapus
  3. Uma...
    Liwar likenya banyak bonor...
    Kalah bersaing kita nah. Hehehe...

    BalasHapus
  4. @Mas Jamal Balum di publish tu, mun sudah bisa ae kena jauh lebih banyak ^__^

    BalasHapus
  5. ilustrasinya pak tani sedang mencari tutorial menanam jangung yang baik melalui internet. he he. .

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"