Senin, 30 April 2012

Awal Mula Hari Buruh


sejarah may day
Menurut kabar, besok (Selasa, 1 mei 2012) akan ada demo yang melibatkan 100.000 buruh di berbagai kota seluruh Indonesia.

Untuk kota Jakarta, Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Nining  Elitos mengatakan akan mengerahkan sekitar 10.000 buruh untuk ikut berunjuk rasa.

Surabaya, Medan, Jogjakarta kabarnya juga akan melibatkan ribuan buruh untuk beraksi besok.

Disini ane bukan ingin menginformasikan jadwal aksi di hari buruh besok. Ane cuma mau berbagi sejak kapan hari buruh itu di peringati.

Sejarah Hari Buruh

1 mei 1886,
Sekitar 400.000 buruh di Amerika Seikat yang melakukan demo besar-besaran. Mereka menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam perharinya. Dan aksi ini dilakukan selama 4 hari berturut dimulai sejak 1 mei.

Di hari terakhir, atau 4 mei 1986, para buruh melakukan pawai besar-besaran, polisi Amerika kemudian menembaki para pendemo yang ikut berpawai. Ratusan orang meninggal, pimpinan demonstran di tangkap lalu dihukum mati. Para demonstran yang mati dalam aksi tersebut kemudian dikenal sebagai "Martir".

1 Juli 1989,
Sebuah kongres Sosialis Dunia diadakan di Paris dan menetapkan peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 Mei 1986 di Amerika Serikat itu diperingati sebagai Hari Buruh Sedunia. Kongres juga mengeluarkan resolusi yang berbunyi :
"Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua Negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis."
Resolusi ini kemudian mendapatkan sambutan hangat di berbagai Negara dan mulai tahun 1890, setiap tanggal 1 Mei, yang di istilahkan dengan "May Day", di peringati di berbagai Negara, meskipun mendapat tekanan dari Pemerintah setempat.

peringatan may day
Pawai hari Buruh 2009 Di Jakarta. 'Wikipedia"


Di Indonesia hari buruh di peringati mlai tanggal 1 Mei 1020. Namun sejak era pemerintahan orde baru, hari buruh tidak lagi di peringati. Karena sat itu hari buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S 1965 ditabukan di Indonesia.

Setelah berakhirnya masa kekuasaan Presiden Soeharto, aksi May day atau peringatan hari buruh mulai marak kembali diadakan dengan aksi demonstrasi oleh buruh di berbagai kota di Indonesia.


Sumber : Wikipedia Indonesia

3 komentar:

  1. wah berarti waktu aku di lahirkan di may day tahun kapan itu belum ada demo besar2an ya.. hmm baru tahu nih

    BalasHapus
  2. Wa ane baru tahu tuh? moga ajah hari buruh semakin mendapatkan respon positif dari semua orang ya? :)

    BalasHapus
  3. Oh, gitu, toh. Awal mulanya hari buruh. Baru tau saya. :-D

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"