Jumat, 06 Desember 2013

Tips Aman Dan Hemat Menggunakan Alat Listrik

cara aman dan hemat listrik di rumah

Dusunblog - Semakin modernnya kehidupan membuat kehidupan manusia semakin mudah. Alat rumah tangga yang sebelumnya menggunakan tenaga untuk menggerakkannya, kini sebahagian besar sudah digantikan oleh peralatan listrik. Dengan beragai macam peralatan listrik yang tersedia, kita semakin dimanjakan olehnya. Namun jangan sampai semua kemudahan itu lantas membuat kita lupa segalanya. Seperti berhemat dan menjaga keamanan.

Sudah sering kita mendengar sebuah musibah seperti kebakaran berpangkal dari peralatan listrik. Entah itu kabel yang rusak, atau dari arus pendek yang mengakibatkan aliran listrik memercikkan api.

Selain faktor keamanan, kita sebagai pengguna alat listrik juga jangan melupakan penghematan. Menghemat daya listrik yang digunakan sekaligus menghemat biaya pemakaian listrik yang harus dikeluarkan. Dengan menghemat daya listrikpun sebenarnya kita sudah menambah keamanan sebagai pengguna layanan listrik.

Berikut beberapa langkah sederhana agar lebih aman dan hemat dalam penggunaan alat listrik:
  • Kurangi penerangan listrik yang berlebihan - Seperti memadamkan lampu diruangan yang tidak digunakan, mematikan lampu saat hari sudah terang (siang) dan lain sebagainya.
  • Atur tata letak ruangan dengan baik – Pindahkan alat perabot yang letaknya menutupi atau bisa mengurangi cahaya ruangan. Hal ini bisa meghemat daya lampu yang kawan sedusun gunakan. Bisa saja jika sebelumnya harus menggunakan dua lampu di satu ruangan, setelah memindahkan perabot yang menghalangi pencahayaan ruangan tersebut cukup terang dengan hanya menggunakan satu bola lampu.
  • Matikan semua peralatan listrik saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong – Selain mematikannya, jangan lupa juga untuk melepaskan kabel-kabel listriknya agar lebih aman dari ancaman bahaya yang mengintai.
  • Gunakan alat listrik hemat energi – Salah satu cara penghematan pengeluaran dari penggunaan listrik adalah dengan menggunakan alat listrik yang hemat energi. Ada yang mengatakan alat listrik yang hemat energi harganya lebih mahal. Tapi itu hanya untuk sekali pengeluaran, dan dari sekali pengeluaran tersebut kita bisa menghemat biaya layanan listrik yang kita bayarkan.
  • Agar bisa mendapatkan alat listrk hemat energi yang lebih murah, belilah di distributor alat listrik. Selain lebih murah, pilihannya juga lebih bayak. Dan seringkali kita menemui sesuatu yang sebelumnya tidak terpikirkan namun sangat berguna.
Dan untuk menghemat juga, sebaiknya beli alat listrik yang bisa disimpan. Hal ini untuk jaga-jaga, siapa tau dikemudian hari kita memerlukannya, sehingga tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari seperti misal bola lampu yang mendadak mati. Selain itu, dengan membeli sedikit lebih banyak, bukan tidak mungkin kita juga mendapatkan potongan harga spesial dari sang penjual untuk alat listrik yang kita beli tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"