Selasa, 02 Juli 2013

Yang Diperlukan Untuk Mendapat Pinjaman Dari Bank

cara mendapatkan dana pinjaman bank

Dusunblog - Mereka yang ingin membuka usaha atau ingin mengembangkan usaha yang dikelola tentu memerlukan modal. Pinjaman Bank salah satu solusi yang banyak diterapkan para pelaku usaha untuk mendapatkan suntikan dana cepat (modal) untuk membangun usahanya.

Kredit dari bank merupakan salah satu fasilitas yang memberikan kemudahan bagi perorangan ataupun badan usaha untuk mendapatkan dana pinjaman yang diperlukan untuk modal usaha dan lainnya. dana yang diberikan harus dikembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

Yang diperjanjikan dalam perjanjian antara bank dan nasabah yang meminjam dana ada beberapa hal:
  • Jangka waktu pinjaman
  • Bunga
  • Cara pembayaran
  • Agunan/jaminan
  • Biaya administrasi
  • Asuransi dan tagihan
Sehubungan dengan poin perjanjian diatas, sebelum mengajukan dana pinjaman dari bank, ada beberapa hal yang perlu dilengkapi sebagai persyaratan untuk mendapat pinjaman dari bank

-Catatan penghasilan. Bagi yang berprofesi sebagai karyawan, ini bukanlah masalah, karena mereka memiliki slip gaji. Bagi kawan sedusun yang seorang wiraswasta, biasakan untuk mencatat pemasukan/penghasilan bulanan, agar lebih mudah disaat ingin meminjam dana di bank.

- Seberapa besar pinjaman dana yang diperlukan. Buat daftar semua keperluan untuk usaha kawan sedusun.  Peralatan, perlengkapan, pemasaran, iklan, gaji dan lain sebagainya. Total semua dana yang diperlukan, kemudian dikurang dengan dana yang saat ini dimiliki kawan sedusun. Hasilnya itulah jumlah dana yang diperlukan untuk diajukan pinjaman ke bank

- Barang jaminan. Bank tentu ingin dana yang diberikannya kembali utuh. Untuk mengurangi risiko (seumpama pembayaran macet), maka bank melihat seberapa besar kemampuan si peminjam untuk membayar/melunasi pinjaman beserta bunganya. Itikad baik sipeminjam juga diperhatikan, untuk jaga-jaga maka jaminan sangat diperlukan. Besarnya nilai barang jaminan tergantung seberapa besar pinjaman dana yang diambil.

-Rencana usaha. Jika kawan sedusun meminjam dana di bank untuk modal usaha, maka sebaiknya persiapkan rencana kerja kedepan yang baik dan tertata rapi. Pihak bank akan menilai usaha yang akan mereka bantu modal usahanya, apakah bisa mengembalikan pinjaman atau tidak.

-Catatan kredit bersih. Jika kawan sedusun pernah meminjam dana sebelumnya, catatan pembayaran akan terlihat. Jika pembayaran lancar, maka pinjaman akan mudah didapat, namun jika pernah bermasalah, maka akan sulit untuk mendapatkan pinjaman kembali. Dan bukan hanya catatan kredit di bank, karena mereka juga akan memeriksa catatan hampir di semua pendanaan yang pernah kawan sedusun gunakan (seperti kredit mobil/motor). Jangan sampai karena catatan buruk di waktu dahulu menjadi penghalang berkembangnya usaha yang sedang/ingin dibangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"