Selasa, 24 April 2012

Waspada Jika Ada Ciri Orang Seperti Ini Disekitar

kenali tanda seseorang yang ingin berbuat kriminal
Tingkat kejahatan yang semakin meninggi disekitar membuat kita menjadi was-was.

Mulai dari copet, pencurian sampai yang sekarang marak jadi pembicaraan, kekerasan geng motor.

Kriminalitas bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kita terkadang sulit untuk membedakan yang mana orang baik, dan yang mana cuma "pura-pura" baik.

Penipuan berkedok pakaian rapi juga menjadi salah satu mudus kejahatan yang sering kita temui.

Dan kemarin, Senin 23/04, Mabes Polri menghimbau agar warga selalu waspada. Mabes Polri juga merilis ciri-ciri orang yang ingin berbuat kriminal.

Berikut ciri-ciri orang yang mau berbuat kriminal/kejahatan menurut Mabes polri yang dirilis di akun resminya :

  • Naik motor helm selalu  tertutup/kaca gelap.
Bisa jadi si pengendara menutup wajahnya dengan kaca helm gelap agar tidak mudah dikenali saat mengincar target kejahatannya
  • Parkir motor mesin selalu hidup.
Ini ane pernah mengalami sendiri. Dua orang berboncengan, satu pura-pura ingin membeli sesuatu, yang satu tetap menunggu diatas motor yang mesinnya tidak dimatikan. Ternyata ini adalah taktik untuk mereka melarikan diri. Yang pura-pura membeli sesuatu mengambil/merampas barang berharga, lari ke arah motor, naik dan langsung kabur.
  • Berlagak cari kost
Tanya ini-itu, pura-pura mau lihat isi rumah kost, padahal yang mau dia lihat apa yang ada dalam kost tersebut atau disekitarnya. Jika ada orang yang seperti ini, cukup jelaskan spesifikasi kost yang ada, atau katakan tidak ada disekitar situ, jika memang dilingkungan situ nggak ada tempat kost.
  • Mondar mandir, tengok kanan kiri (wira-wiri)
Kayak mau nyari seseorang, atau mau ketempat seseorang tapi nggak tahu alamat. Jika kawan sedusun sedang mencari alamat seseorang, ada baiknya langsung bertanya pada warga sekitar. Jangan celingak celinguk, gerakan yang seperti ini memang sangat mencurigakan.
  • Menggiring motor mesin mati, seolah bensin habis.
Dengan kondisi seperti ini, warga akan merasa kasihan sehingga menjadikan niat kejahatan mereka bisa tertutupi oleh rasa kasihan tadi. Tapi kalau cuma lewat ya biarkan saja, sipa tahu memang lagi kehabisan bensin atau motornya ngadat.
  •  Berlagak kenal dengan pemilik rumah.
Yang sulit menghadapi orang seperti ini jika kita sedang menghuni atau cuma menjagakan sementara. Jika bertemu yang seperti ini lebih baik hubungi dulu yang punya rumah untuk memastikan, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Berpenampilan seperti mahasiswa/mahasiswi.
Pakaian rapi apalagi pakai jaket almamater dan tas punggung layaknya seorang mahasiswa. Kalau ane pernah ketemu yang seperti ini, modus kejahatannya itu pemipuan. Pura-pura tdak punya uang, belum makan, belum bayar iuran dan sebagainya dan ujungnya bisa ditebak "Beri hamba... uang..".
  • Menawarkan jasa/barang dengan memaksa.
Pertama minta kita untuk membeli. Kita langsung menolak karena memang bukan keperluan. Tapi ini orang terus memaksa. Modusnya ini untuk memperpanjang waktu di tempat kita, biar dia bisa lebih jau melihat isi rumah. Ada target sasaran, dia pura-pura numpang ke belakangC, balik dari WC handphone di atas meja langsung raib.
  • Berjalan dengan tergsesa-gesa
Yang namanya orang salah, seperti apapun orangnya ya mesti ada kesadaran dalam hatinya bahwa yang dia lakukan/akan dilakukan itu salah. Makanya selalu ingin cepat, karena takut ketahuan.
  •  Pemulung berani masuk ke pekarangan rumah.
Sebenarnya kasian juga para pemulung. Dengan profesi yang sedemikian dijadikan alat oleh orang jahat untuk modus kejahatannya.

Itulah ciri-ciri orang yang mau berbuat kriminal yang dirilis Mabes Polri yang kebetulan ane dapat pas blogwalking ke blog sahabat ane, gaptekupdate.com.

Tapi ingat! itu hanyalah ciri, artinya belum tentu orang yang seperti diatas ingin berbuat jahat. Kita hanya dituntut waspada alias jangan lengah ketika bertemu orang yang ada ciri salah satu diatas. Apalagi salah dua, tiga, empat dan seterusnya.

4 komentar:

  1. berarti harus waspada kita :o

    BalasHapus
  2. Wah, berarti kita itu diharuskan untuk selalu waspada kapan pun dan dimana pun. Makasih sharenya. :D

    Komen balik, ya :-D

    BalasHapus
  3. Wah, untuk yg "Menggiring Motor Mesin Mati" itu temanku ada yang pernah ngalamin. Ternyata motor yg digiring itu motor curian. hati-hati jangan asal dibantu. pastikan orang tersebut punya kunci motornya atau stnk. perhatikan juga penampilannya, apa seperti orang yg berpergian naik motor atau tidak

    BalasHapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"