Selasa, 25 September 2012

Cara Setting DNS Domain Dan Costum Domain Blogspot Terbaru

Mungkin cara setting DNS Domain dan Costum Domain Blogspot terbaru ini juga bisa menyelesaikan masalah blog kawan sedusun yang tidak bisa dibuka tanpa tau penyebab pastinya.

Artikel ini bermula ketika ane harus istirahat dari dunia online selama kurang lebih24 jam akibat flu berat disertai demam yang menyerang ane.

Dan pada hari Selasa pagi, ane buka dashboard dusunblog dan melihat ada komentar baru yang harus ane jawab. Dan pas ane mau buka artikel bersangkutan ternyata tidak bisa. Ane buka halaman utama dusunblog.com juga tidak bisa.

Setengah panik ane lapor ke "Komunitas Blogger Kalimantan Selatan" di facebook yang memang selama ini sudah menjadi tempat ane berkeluh kesah.

Sambil menunggu kawan-kawan di Blogger Banua (nama komunitas blogger tadi) memberi jawaban, ane juga membuka beberapa akun email sampai akun di web master google, kali aja ada pemberitahuan menyangkut masalah tidak bisa dibukanya dusunblog tersebut.

Sampai akhirnya ane buka akun di tempat ane beli domain dusunblog.com, yaitu rumahweb. Dn dari sinilah ane tahu kalau ada perubahan setting DNS Domain dan Costum Domain Blogspot dari sebelumnya.

Tanpa pikir panjang lagi ane pun melakukan langkah-langkah pengisian setting DNS domain, mulai mengisi A Record dan Host Name dan sebagainya.

Berikut cara mengisi settting DNS Domain dan setting Costum Domain Blogspot. Ane rasa tidak ada perbedaan yang berarti dari setiap layanan tempat membeli domain.

- Buka akun tempat kawan sedusun beli domain (kalau ane di rumahweb).
- Klik "Domain" dan "Domainku"
- Lalu klik "manage domain"

cara mengatur DNS Domain

- Klik "management tools" dan pilih "manage DNS".

- Isi seting DNS Domain (contoh di rumahweb)
  • Klik "manage A record"
Ada 3 kolom yang harus diisi. Hostname, IP Address dan TTL. Itu artinya ada empat langkah menambahkan A record situ. Berikut tabel isian DNS A Record :
Hostname IP TTL
@.domainente.com 216.239.32.21 14400
@.domainente.com 216.239.34.21 14400
@.domainente.com 216.239.36.21 14400
@.domainente.com 216.239.38.21 14400

Selesai pengisian DNS Domain. Sekarang masuk ke costum domain di blogspot.

- Buka dashboard blogger kawan sedusun.
- Buka setelan, penerbitan.
- Masukkan nama domain yang akan digunakan kawan sedusun (contoh: www.dusunblog.com)
- Lalu klik petunjuk setelan (contoh gambar dibawah)

cara mengisi costum domain setting
Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :

seting CName dan A Record

Disitu tercantum apa yang harus kita isi (bergaris bawah (2)) untuk CName di akun tempat kita membeli domain.

Selanjutnya lengkapi langkah-langkah pengisian setting DNS di akun tempat kawan sedusun membeli domain dengan mengisi CName seperti yang diberikan google.

Berikut contoh tabel pengisiannya :
Hostname Cannonical TTL
www.domainente.com ghs.google.com 14400
SEEREOX5EAIP gv-FHMLPI6F256M3VMV535CECWQBA6
JOXMRWT4VG6VPPHPOITFRIH3Q.domai
nverify.googlehosted.com
14400

Ingat, pengisian CName ini berbeda seiap domainnya. tergantung kode yang kita dapat saat kita klik "petunjuk setelan" diatas.

- Selesai mengisi semua setting DNS, CName Record dan Costum domain di blogspot tinggal klik simpan dan menunggu proses.

Kalau ane hari ini menunggu sekitar 3 jam proses dan alhamdulillah dusunblog sudah bisa dibuka kembali.

Semoga bermanfaat.


Description: Cara setting DNS, CName dan costum domain di Blogger terbaru Rating: 4.9

9 komentar:

  1. Ituh berataan domain kah minta Update om ??


    pun lun kadada nah nang kaya itu di rumahweb

    BalasHapus
  2. @Terlambat.info Kada tahu pastinya jua nah. Ampun ane dusunblog ini ja jua yang diminta di update. domain sebutingnya yang di rumahweb jua kada papa. Bisa belum bisa jua kada sama sekali tu. Mahadang ae dulu :)

    BalasHapus
  3. waduh lumayan pnjang juga ya... :)
    Mkasih udh share...
    Follow Back ya..
    salam kenal..
    Gudang Makalah
    Kunjungan blik ya..
    Keep Blogging..

    BalasHapus
  4. aduh gan kok eror trus seh , katanya blogger gak bisa memverivikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada yang salah pengisian A Record atau CName nya, coba dicek kembali

      Hapus
  5. Di clientzone saya kok nggak ada tu Manage dns >> Manage A records ??
    gimana tu om solusinya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang tidak ada Manage A records nya lebih baik hubungi CS nya gan. Atau utak atik lagi siapa tau cuma belum etemu aja

      Hapus

Silahkan kawan sedusun berkomentar. Tapi ingat, harus berkaitan dengan artikel, No Live Link & No SARA No kata-kata PO**O dan tidak menautkan Link yang "berbahaya"